Sabtu, 04 Desember 2010

DIA & AKU : Memoar Pencari Kebenaran – Daoed Joesoef

Aku Bertemu dia di jalur waktu,
Menempuh relung kehidupan nan berliku-liku.
Dia manusia bijak bestari dan aku seorang pencari.

Semula kucari pengetahuan,lalu kukaji ilmu pengetahuan.
Kemudian kugali kebenaran melalui disiplin keilmuan.
Dia mengajarkan aku apa-apa yang belum kuketahui dan membiasakan aku membuat hal-hal terpuji.
Dia menggugah nalarku agar kritis dalam berfungsi.
Dan pertanyaannya menantang aku supaya merespons dengan teliti.
Dia memberi aku kesempatan untuk berkarya, dibidang yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Bagai latihan bertanggung jawab dan berpikiran serta bertindak mandiri.
Kemandirian itu membuat dia dan aku tidak selalu sepakat.
Disamping persamaan ada perbedaan dalam pendapat.
Aku terus melangkah di jalan yang kupilih dan kutetapkan sendiri.
Jalan lurus ke arah kebenaran yang tetap kucari.
Aku tahu inilah jalan yang Dia ridhoi.
Inilah sekadar riwayat seorang pencari.

(DIA & AKU : Memoar Pencari Kebenaran – Daoed Joesoef)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar